Meniti, Tajuk

18 Jam Dibulan Mei

Malam ini aku, berkenaan membungkus sebuah perjalanan singkat yang kurasa perlu ditulis-abadikan, mungkin karena aku tidak bisa begitu saja melupakan cerita ditiap-tiap momentum tertentu.

Setelah kemarin Minggu,13-Mei 2018. Bersama banyak temen dan bapak-bapak dan ibu pengajar sekaligus Panitia;

“HAFLAH AKHIRUSSANAH MADRASAH DINIYYAH AWALLIAH -BAABUL ULUUM-”

Desa Limbangan.

“Mensyukuri kesuksesan, berjalannya rencana dari sebuah event. Berkunjung dan mengunjungi sebuah tempat adalah salah satu cara dan rasa terima kasih orang tua kepada generasi”


Sebenernya sih saia bukan siapa-siapa di dalamnya, cuman kebetulan saia dapat tugas ‘untuk ikut serta di dalamnya.

Toh saia hanya bisa ikut meng-rusui (meributi) acara tersebut, karena disanalah tempatnya orang-orang yang ahli. Tentang itu. Syukurlah. Setidaknya hidup yang kujalani ini tidak hanya untuk kepentingan pribadi melulu.


Dalam dunia pendidikan agama Islam, setiap seusai semester akhir dan kelulusan siswa atau santri, pasti ada sebuah persepsi yang mewah. Dan salah satunya adalah didesa saya ini. Yang oleh ‘Ummi AFIV FATURRAHMANIA Menyinggung tentang keunikan tersendiri dalam berbagai hal.

Ya.. kebetulan acara Haflah kemarin mengundang, yang kata orang; “Mubaligh Kondang”. Beliau.. yang pastinya kamu sudah sangat mafhum dengan ummi Afiv. Jadi saya langsung saja untuk sedikit berbagi kemesraan hati yang saya rasakan sendiri dalam acara malam itu.

Saya sudah pernah mendengar dan secara langsung didepan panggung mendengar dan merasakan hal yang ummi Afiv persembahkan. Sekitar setahun lalu.

Di acara resepsi pernikahan kakak-senior yaitu tetangga saya, beliau seorang pengajar SMK. Merantau di Tangerang. Sekarang sudah mempunyai buah hati yang pertama, dan kebetulan seorang laki-laki. Yang semoga bisa menjadi generasi penerus orang tuanya. Amiin..

Beliau mengajar di SMK YUPPENTEK 2 CURUG-TANGERANG. Dulu sekitar 7 tahun lalu aku pernah merantau disana. Tepatnya didusun Curug. Selama hampir dua tahun.

Beliau aktif dalam berbagai hal seperti organisasi remaja dan sebagainya. Dan menjadi istri dari kakak-temen deketku.


Pada malam itu mengangkat tema atau bahasan seputar “Qurotul Uyun” atau masalah pernikahan; mulai dari hal-hal dasar,seperti sikap terhadap pasangan. Sampai kebaikan rumah tangga melalui kedekatan; “didalam kedekatan antara suami dan istri itu terdapat pahala atau kebaikan tersendiri” ujar beliau.

Dan dalam penyampaiannya; Ummu Afiv tak lepas dari percikan-percikan Seger ciri khas humor bahasa jawanya.

Dan sebetulnya masih banyak lainnya, tapi maafkanlah segala kekurangan dan keterbatasanku ini. Hehehe


Sedang di acara Haflah kali ini, agak sedikit berbeda mungkin karena tema-nya yang berbeda. Beliau datang lebih awal dan lebih cepat dari biasanya.

Dan meminta kepada pihak panitia untuk disegerakan naik, karena beliau sudah 3 malam ini belum sempat bertemu dengan anak perempuannya.

Yang sebenarnya masih ada beberapa hal penting yang harus dilaksanakan, tapi dari pihak menyetujui dan mengiyakan beliau.

Toh hadirin dan hadirat, pun sudah menunggunya di tempat dudukny, depan panggung sederhana itu.

Kali ini Ummi membawa bahan bahasan mengenai “Bulan sya’ban”. Bulan sebelum ramadhan; banyak keberkahan dan kebaikan-kebaikan didalam bulan ini.

Mulai dari terampuninya segala kesalahan-kesalahan hingga terangkatnya derajat seseorang melalui berbagai cara dalam kehidupan sehari-hari pada bulan berkah ini.

Dan sebelum beliau menutup dan mengakhiri acaranya; beliau sempat menyampaikan sesuatu, mengenai siswa atau santri disini; “baru kali pertama saya menjumpai ‘keteraturan, ketertiban yang sungguh jarang sekali”. Ujar ummi.

Biasanya setelah selesai wisudawan-wisudawati memuncaki prosesnya; ‘satu-persatu berlarian atau meninggalkan tempat duduknya.

“Sedang disini malahan pada mantengin” ucap beliau sambil menunjuki seorang santri.

Thanks to;

  • Mba Siwar (warningsih)
  • Zainal Muttaqin
  • Samsul Arifin
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s