Meniti

Sebelum masuk, Ikhlas-lah !

Assalamu’alaikum..? Selamat malam ? How are you..?

Bismillahirrahmanirrahim Qulhuwallahu Ahad, Allahusshomad, Lam Yalid’ wa Lam YuuLad, Wa Lam Yakunlahu Kuffuwan Ahad. (QS:Al-Ikhlas).

Kamis malam ini aku ingin menyapa kepada mu yang semoga hati kita bisa saling terhubung. Coba deh kita tengok betapa mudahnya mengetahui kabar bahkan sikon seseorang lewat story & statusnya di Akun Sosial media ‘Tanpa kita tanya,atau sekadar mampir ke rumahnya’. (Ah.. inilah pikirku yang setiap saat bisa saja berubah).

Oh iya nih aku mau sedikit berbagi keseharian ku sebagai anak desa, selepas shalat Maghrib agenda ku belajar Ngaji disebuah ‘planggrok sederhana. Kebetulan malam itu kami mengaji kitab AL-IBRIS (terjemahan arab-pegon jawa) tentang bagaimana asal-usul Surah Al-Ikhlas.

Saya ingin sedikit mencatat semampu ingatanku, yang kurang lebihnya mohon masukan dari anda yang pasti lebih menguasai-nya. Saya ingin memulai dengan:

“Bismillahirrahmanirrahim Qulhuwallahu Ahad, Allahusshomad, Lam Yalid’ wa Lam YuuLad, Wa Lam Yakunlahu Kuffuwan Ahad. (QS:Al-Ikhlas).

Saya tidak membahas tentang artinya tapi sedikit asal-usul surah ini.

Jadi pada masanya Rasulullah ada seorang mengatakan atau bertanya kepada Rasulullah: “bahwa sesembahan 360 jumlahnya.! Manakah sesembahan-mu hai Muhammad? Seperti apakah ia? Bisakah kau tunjukkan kepada kami?”

Kemudian bertepatan pada saat itu turunya surah Al-Ikhlas, yang menjawab secara langsung ia ALLAH.SWT melalui kekasih-nya Rasulullah.Saw.

Mungkin inilah peristiwa Cinta yang tidak mungkin terjadi kepada siapapun.

Kemudian pak Ustadz memberi pesan kepada kami para pencari sedikit ilmu yang kehausan dan kelaparan ini.

Assalamu’alaikum..? Selamat malam ? How are you..?

Sebelum kamu masuk rumah dan selesai mengucapkan salam lebih baik lagi kalau dibaca surah Al-Ikhlas. Wallahu A’lam Bisshowab..

Pada lain kesempatan saya pernah membaca buku-nya Gus Dur tentang Assalamualaikum dengan ucapan selamat pagi,How are you Itu sama. Ucapan doa, maka karena ucapan doa maka akan lebih baik kalau diucapkan didalam hati saja. Toh akan lebih Ikhlas!

Iklan

25 tanggapan untuk “Sebelum masuk, Ikhlas-lah !”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s