Sebelum masuk, Ikhlas-lah !

Assalamu’alaikum..? Selamat malam ? How are you..?

Bismillahirrahmanirrahim Qulhuwallahu Ahad, Allahusshomad, Lam Yalid’ wa Lam YuuLad, Wa Lam Yakunlahu Kuffuwan Ahad. (QS:Al-Ikhlas).

Kamis malam ini aku ingin menyapa kepada mu yang semoga hati kita bisa saling terhubung. Coba deh kita tengok betapa mudahnya mengetahui kabar bahkan sikon seseorang lewat story & statusnya di Akun Sosial media ‘Tanpa kita tanya,atau sekadar mampir ke rumahnya’. (Ah.. inilah pikirku yang setiap saat bisa saja berubah).

Oh iya nih aku mau sedikit berbagi keseharian ku sebagai anak desa, selepas shalat Maghrib agenda ku belajar Ngaji disebuah ‘planggrok sederhana. Kebetulan malam itu kami mengaji kitab AL-IBRIS (terjemahan arab-pegon jawa) tentang bagaimana asal-usul Surah Al-Ikhlas.

Saya ingin sedikit mencatat semampu ingatanku, yang kurang lebihnya mohon masukan dari anda yang pasti lebih menguasai-nya. Saya ingin memulai dengan:

“Bismillahirrahmanirrahim Qulhuwallahu Ahad, Allahusshomad, Lam Yalid’ wa Lam YuuLad, Wa Lam Yakunlahu Kuffuwan Ahad. (QS:Al-Ikhlas).

Saya tidak membahas tentang artinya tapi sedikit asal-usul surah ini.

Jadi pada masanya Rasulullah ada seorang mengatakan atau bertanya kepada Rasulullah: “bahwa sesembahan 360 jumlahnya.! Manakah sesembahan-mu hai Muhammad? Seperti apakah ia? Bisakah kau tunjukkan kepada kami?”

Kemudian bertepatan pada saat itu turunya surah Al-Ikhlas, yang menjawab secara langsung ia ALLAH.SWT melalui kekasih-nya Rasulullah.Saw.

Mungkin inilah peristiwa Cinta yang tidak mungkin terjadi kepada siapapun.

Kemudian pak Ustadz memberi pesan kepada kami para pencari sedikit ilmu yang kehausan dan kelaparan ini.

Assalamu’alaikum..? Selamat malam ? How are you..?

Sebelum kamu masuk rumah dan selesai mengucapkan salam lebih baik lagi kalau dibaca surah Al-Ikhlas. Wallahu A’lam Bisshowab..

Pada lain kesempatan saya pernah membaca buku-nya Gus Dur tentang Assalamualaikum dengan ucapan selamat pagi,How are you Itu sama. Ucapan doa, maka karena ucapan doa maka akan lebih baik kalau diucapkan didalam hati saja. Toh akan lebih Ikhlas!

25 Comments Add yours

  1. Desfortin berkata:

    Ini kejadian dmn dan kpn mas? Dsini masih siang soalnya, haha…

    Disukai oleh 1 orang

    1. Restu Ngopinih berkata:

      Itu saya tulis tadi malem, ini baru kuselesaiken

      Suka

      1. Desfortin berkata:

        O harusnya slmat sore aja..sih

        Suka

      2. Restu Ngopinih berkata:

        Itu terserah sampean yang baca pada waktu mana, sore,pagi atau malam bisalah diganti sendiri☺️

        Suka

  2. Desfortin berkata:

    Jd gitu certa turunnya surah Al-Ikhlas to…? Wah, urusan agama sy gak bs bnyak komen sih, kurang ilmu sy, aplgi agama org lain, 😀

    Disukai oleh 1 orang

    1. Restu Ngopinih berkata:

      Hehe emang agama masnya apa?

      Suka

      1. Restu Ngopinih berkata:

        Oh ya.. Asli orang mana mas?

        Suka

      2. Desfortin berkata:

        Saya dari Kalteng. Dayak Kalteng.

        Suka

      3. Restu Ngopinih berkata:

        Dulu Saya pernah mampir di Kalimantan lho mas

        Suka

      4. Restu Ngopinih berkata:

        Di KotaBaru

        Suka

      5. Restu Ngopinih berkata:

        Deket donk sama sampean?

        Suka

      6. Desfortin berkata:

        Saya di Kabupaten Lamandau-Kalteng

        Suka

      7. Restu Ngopinih berkata:

        Dari kota baru berapa jam perjalanan mas?

        Suka

      8. Desfortin berkata:

        Kota baru mah di Kalsel. Ke Ibukota kalteng, Palangkaraya dari sana skitar 6 jam, ke kabupaten sy lg skitar 10 jam, 😂

        Suka

      9. Restu Ngopinih berkata:

        Wah.. jauh juga ya
        Bolehlah kalau ada kesempatan main kesitu hehe

        Suka

      10. Desfortin berkata:

        Semoga ada kesempatannya…

        Suka

      11. Restu Ngopinih berkata:

        Umur berapa mas

        Suka

      12. Desfortin berkata:

        Haha…di atas 30 pastinya, dah punya anak dan istri, semuanya msh 1 sih, hihi…

        Suka

      13. Restu Ngopinih berkata:

        Selamat ya mas.. semoga awet istrinya hehe dan anaknya nambah

        Suka

  3. Restu Ngopinih berkata:

    Kalo pengen lebih baik dan benar ya kepada ahlinya mas.. toh saya cuma mencatan inti bukan menjelaskan☺️

    Disukai oleh 1 orang

    1. Restu Ngopinih berkata:

      Share copy paate jika anda rasa ini penting😁

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s